5 tips supaya nggak gampang sakit di musim hujan!

5 tips supaya nggak gampang sakit di musim hujan!

150
Radio Anak Muda_hujan

Musim peralihan seperti sekarang ini emang rawan banget sakit! Satu aja ada temen atau keluarga yang sakit, bisa aja langsung nularin ke yang lainnya.

Nggak mau dong, jadi ketularan sakit, padahal lagi sibuk-sibuknya beraktivitas. Supaya nggak gampang sakit, yuk lihat tips-tips di bawah ini!

1. Konsumsi minuman hangat

Rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh kamu, lho! Jadi, saat musim penghujan, banyak-banyakin minum minuman yang dapat menghangatkan tubuh, seperti teh atau jahe hangat. Makanan seperti sup, bakso, atau cream soup juga berfungsi menghangatkan tubuh kamu, lho!

2. Perbanyak asupan vitamin C

Di musim hujan, vitamin C penting banget untuk tubuh kamu karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, lho! Kamu bisa dapatkan asupan vitamin C dari berbagai suplemen yang dijual di pasaran.

Tapi, lebih bagus, kalau kamu langsung mengkonsumsi vitamin C dari makanan atau minuman, seperti jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah. Supaya nggak bosen, kamu bisa membuat jus, smoothiedessert sehat, atau dicampurkan dalam semangkuk oats seperti makanan yang lagi hits belakangan ini.

3. Kurangi gorengan

Musim-musim seperti ini, lebih baik kamu kurangi dulu makan gorengan karena makanan yang penuh minyak ini bisa dengan mudah menganggu tenggorokan dan bisa menyebabkan flu. Semakin banyak kamu makan gorengan, daya tahan tubuh kamu juga akan melemah.

4. Langsung mandi setelah kehujanan

Penyakit akan mudah menyerang saat tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya kamu segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat kamu mengeringkan badan, temperatur tubuh akan kembali ke suhu normal secara perlahan.

5. Gunakan pakaian yang tebal dan hangat

Baju yang kamu gunakan juga berpengaruh pada kesehatan tubuh kamu, lho! Hindarilah menggunakan baju tipis dan transparan, apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Sweater atau cardigan tebal yang hangat akan menjaga tubuh dari udara dingin saat musim hujan. Dan yang pasti, jangan lupa bawa payung atau jas hujan dalam tas yaa!

Semoga bermanfaat tips-nya! Jaga kesehatan yaa, Anak Trax!

[Editor Sekar Retno Ayu / sumber Cosmopolitan Indonesia | foto svenson.com.ph]

Baca juga:
UP10TION comeback tanpa Wooshin!
5 K-Dramas baru yang akan menghiasi Oktobermu!
Kenalan sama Maharasyi Hansa, kontestan The Voice asal Indonesia!