Hal yang harus kamu lakukan ketika berantem dengan kakak

Hal yang harus kamu lakukan ketika berantem dengan kakak

102
Radio Anak Muda_Kakak

Jadi adik memang kadang enak dan tidak enak. Kadang kakak akan mengalah ataupun dibandingkan dengan kita. Kalau sudah berantem, pasti rasanya gengsi banget untuk minta maaf dengan kakak. Apalagi kalau yang mudah sering merasa paling benar, ya. Kakak kadang suka bertingkah menyebalkan, dari mengganggu, mengejek, menyuruh hingga memakai barang si adik.

Kita berhak marah, kok. Apalagi kalau kakak kita suka keterlaluan. Tapi, kalau kita yang bertingkah luar biasa menyebalkan, gimana ya caranya memulai berbaikan?

Menyadari kesahalan

Saat bertengkar, kita kadang suka kelepasan untuk berbicara kasar atau suka melakukan hal yang benar-benar menyebalkan terhadap orang lain. Coba tenang terlebih dahulu, mungkin saja itu kesalahan yang dimulai oleh kakak kita, tetapi keadaan tambah parah karena reaksi kita.

Pergi dari “crime scene” dan menenangkan diri dulu, apakah topik yang menjadi masalah harus membuat kepala orang tua pusing karena tingkah ke kanak-kanakan kita dan kakak.

Jangan gengsi untuk minta maaf duluan

Minta maaf duluan dengan kakak belum tentu menjadikan kita kalah dalam perdebatan. Malah biasanya, mungkin saja malah membuat kakak kita jadi lebih jujur dengan perasaannya terhadap kita. Dengan bersikap tenang dan memulai duluan, kita bisa membuat kakak merasa bersalah, hehe… Maaf ya Kak!

Kalau kakak tidak mau berbicara padahal sudah minta maaf

Masalah itu tidak mungkin selesai dalam waktu sekejap, tapi bagaimanapun tujuan kita untuk meminta maaf dahulu sudah menjadi keputusan tepat. Setidaknya dengan niat baik yang sudah tergerak, orang tua kita pasti akan melihat bahwa sebenarnya kita sudah lebih dewasa.

Kalau kakak tidak mau langsung berbicara dengan kita, coba berikan dia waktu untuk memaafkan. Mungkin saja dia hanya ingin memberikan waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu dan tidak mau malah menyakiti kita dengan hati yang masih menggebu untuk marah.

Dia perhatian dan sayang dengan kita

Kakak itu biarpun kadang menyebalkan dan bertingkah jahil ke kita, itu hanya sebagai aksi sayang, kok. Biarpun kita kesal banget, apapun masalahnya, sebenarnya kita pasti akan berbaikan kok. Malah, berargumen itu tanda kita kompak dengan dia, kok.

Source: Cosmo Girl

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainmentStreaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
Jennie Blackpink curhat tentang kebaikan G-Dragon
Deretan selebgram berpenghasilan tertinggi di dunia
Katy Perry perkenalkan single “Bon Appetit” di chart Trax 2020!