Ngobrolin industri musik bareng Marcell Siahaan di Morning Zone!

Ngobrolin industri musik bareng Marcell Siahaan di Morning Zone!

642
Radio Anak Muda_Marcell Siahaan

Musikualitas di Morning Zone bersama Surya dan Molan, siap dinyanyiin pagi-pagi sama lelaki tampan yang satu ini, siapa lagi kalau bukan Marcell Siahaan!

Marcell sendiri sedang mempersiapkan album ketujuhnya, berbeda dari yang pernah ada, album ini merupakan album Jazz pertamanya. Ia mencoba untuk keluar dari zona nyamannya, bahkan practically harus belajar dari nol lagi dan bisa mencari cara untuk survive di aransemennya.

Dibilang ribet sebenarnya nggak, tapi penyusaiannya memang PR sih. Nggak seperti nyanyi yang biasa, kita harus lebih rilex, yang mana justru nyanyi lebih rilex, jauh lebih susah karena kita lebih konsentrasi ke story telling-nya. Kita lebih nyantai kayak ngobrol gini, tapi dalam suasana kita sedang dalam menyampaikan suatu pesan lagu,”  cerita Marcell tentang susahnya menyanyi lebih rilex.

Untuk menciptakan suasana lebih rilex, Marcell harus mendengarkan aransemennya terlebih dahulu.

Ia pun juga ikut dari awal bersama timnya dalam proses mengaransemen, bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, mencoba dan mengubah rhythm, karena itu semua dapat berpengaruh pada mood Marcell dalam menyanyikan lagu tersebut.

Hal ini juga menjadi pengalaman baru untuk Marcell. Walaupun sudah lama ia mendengarkan Jazz, namun baru kali ini ia benar-benar terjun ke dalamnya, dan ini juga sangat menyenangkan untuk dirinya.

Beralihnya genre album terbarunya, nggak membuat Marcell khawatir ditinggalkan penggemar lamanya. Ia malah berpikiran ini akan memperkuat pijakannya sekaligus melebarkan ke segmen yang lain.

“Nggak akan kabur ke mana-mana sih, moga-moga jembatan antara segmen gw yang dulu nih, penggemar-penggemar gw yang Pop dengan penggemar-penggemar gw yang mungkin akan jadi setelah gw keluarin album Jazz, justru perekatnya adalah suara gw,” jelas Marcell.

Rencananya, album baru ini akan rilis pada bulan Puasa. Namun, bukan berarti bertemakan rohani yaa, Anak Trax!

Udah siap dengerin suara Marcell? Yuk langsung dengerin Marcell bawain lagu “Firasat”! Jangan baper!

Menurut Marcell, bagaimana musik Indonesia tahun 2017 ini?

Musik berkualitas itu bisa dilihat dari banyak sisi. Yang sekarang terjadi adalah bagaimana caranya lo bikin konten yang original, mau musik lo old skool, metal, thrash metal, yang penting lo harus ngerti kalo kualitas tetap dikedepankan,” jawab Marcell.

Ia pun juga menambahkan bahwa industri musik Indonesia harus diperbaiki, seperti pembajakan yang merajalela. Namun, sekarang orang sudah lebih aware untuk stop pembajakan dan beralih ke media streaming.

Marcell juga bawain lagu pilihan Anak Trax nih! Ini dia “Peri Cintaku”!

Apa sih harapan Marcell untuk musisi Indonesia?

Harapannya, kita tetap konsisten dan beridealis dengan visi dan misi musik kita masing-masing, saling support, saling memberikan ruang untuk masing-masing berkontribusi dan berekspresi karena industri ini ‘kan milik kita bersama.

“Semoga kita juga bisa menumbuhkan sikap yang optimis,tidak apatis, tidak skeptis, dan bisa melihat opportunity ini sebagai sesuatu yang baik,” ungkap Marcell.

Sebagai penutup, Marcell mau nyanyiin “Ordinary World” spesial untuk Anak Trax!

Terima kasih atas kedatangannya di Trax FM, ngobrol seru tentang industri musik Indonesia. Semoga menginspirasi dan membuka pikiran kita yaa, Anak Trax! Sukses selalu untuk karirnya, Marcell!

[teks Sekar Retno Ayu | foto Instagram @marcellsiahaans]

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
World Order mengesankan dengan lagu “Singularity”
Ini dia sate hits yang bikin perut kamu kekenyangan!
Serunya pagi-pagi ditemenin Kunto Aji di Morning Zone!