psychopath signs

7 Tanda Seseorang Itu Psychopath

Psychopath sangat sulit dikenali

Anak Trax pasti sudah dengar kejadian yang menimpa Ade Sara yang dibunuh dengan sadis oleh mantan kekasihnya sendiri beberapa waktu lalu. Mungkin kejadian tersebut hanya satu dari sekian banyak pembunuhan sadis yang pernah terjadi. Bagaimana seseorang dengan kesadaran penuh tega melakukan hal sesadis itu? Mungkinkah dia seorang Psychopath? Dan apa sih arti dari Psychopath itu sendiri?

Diambil dari Wikipedia, “Psychopath tak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis) karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya. Gejalanya sendiri sering disebut dengan psikopati, pengidapnya seringkali disebut orang gila tanpa gangguan mental. Menurut penelitian sekitar 1% dari total populasi dunia mengidap psikopati. Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau di rumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan”. Dalam kasus kriminal, psychopath dikenali sebagai pembunuhpemerkosa, dan koruptor. Namun, ini hanyalah 15-20 persen dari total psikopat. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna, pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan”

Psychopath tidak selalu seorang pembunuh sadis atau pelaku tindak kriminal lainnya. Bisa saja dia seorang yang selama ini kita anggap baik atau malah dia adalah seorang yang sekarang sedang menjalani hubungan dengan kamu. Berikut tanda-tanda seorang itu psychopath :

  • Flattery (Pintar Menyanjung)

Seorang psychopath biasanya pintar memainkan kata-kata yang membuat kamu tertarik dan nyaman dengan dia di awal-awal hubungan kalian. Jika kamu berpikir kamu itu gendut, dia akan bilang “Ngga ah! Aku suka banget sama badan kamu” atau saat kamu merasa memakai baju yang tidak cocok, dia akan bilang “Baju kamu bagus-bagus aja kok, aku suka banget kamu pake baju itu”. Fase ini disebut “Love Bombing” dimana kamu akan “dihujani bom” dengan sanjungan-sanjungan dan membuat kamu senyaman mungkin untuk terus dekat dengan dia.

  • Mirroring

Dia bukan sering ngaca Anak Trax tapi dia akan meyakinkan kamu kalau kalian berdua adalah “soul-mate”. Dia akan berusaha terlihat menyukai hal yang kamu suka juga. Jika kamu punya masa kecil yang “berat” dia juga akan mengatakan hal yang sama dan bilang “Aku ngerti banget perasaan kamu, aku pernah ngalamin juga..”. Biasanya seorang psychopath tidak memiliki identitas sesungguhnya, dia hanya “mengaca” pada korbannya.

  • Selalu minta perhatian dan dikasihani

Seorang psychopath akan selalu berusaha membuat dirinya dikasihani oleh targetnya. Dia akan bercerita sesuatu yang memilukan seperti tentang dirinya seperti orang tuanya yang jahat, dikucilkan dari pergaulan. Dan bahkan yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, dia akan bercerita kalau dia pernah patah tulang, kecelakaan kendaraan atau bahkan terkena penyakit berbahaya seperti tumor atau kanker. Maka dari itu, coba perhatikan apa yang iya katakan, kalau dia sering menceritakan tentang kesusahan atau penderitaan yang pernah dialami dalam hidupnya, berhati-hatilah.

  • Sering berbicara tanpa berpikir dan membuat kamu jealous

Coba perhatikan apakah gebetan kamu atau orang yang sedang mendekati kamu sering berbicara “ceplas-ceplos” tanpa berpikir atau tidak? Biasanya ia sering berkata seperti “aku kemarin abis ketemu mantan aku” atau “aku boleh selingkuh ngga?” lalu setelah dia tau kamu kesal, dia bilang itu hanya bercanda.

  • Tiba-tiba jadi pendiam dan perlahan menghilang

Setelah fase “meninggi-ninggikan” kamu dengan sanjungan dan “pengertiannya” yang membuat kamu nyaman, tiba-tiba ia akan mendiamkan kamu, susah dihubungi dan menghilang beberapa hari tanpa kabar. Bisa jadi selama dia hilang dia sedang mencari target berikutnya.

  • “Membuang” kamu

Setelah hal-hal manis yang ia lakukan dan membuat kamu tidak bisa lepas, dia akan “membuang” kamu seperti kalian tidak pernah punya hubungan. Kamu seperti tidak ada artinya lagi buat dia. Pada fase ini dia akan pergi meninggalkanmu untuk mencari target lain.

  • Terus mengganggu

Walaupun dia sudah meninggalkanmu, bukan berarti dia benar-benar hilang. Di saat tahu kamu sudah mulai “move-on” dia akan mencoba untuk mengganggu agi dan terus membuat kamu semakin sulit untuk “move-on”. Dia akan berusaha untuk menjadi orang yang kamu mau lagi. Satu-satunya cara untuk menghindarinya adalah memutus hubungan dengan dia dengan alasan apapun.

Seorang psychopath biasanya sering pindah-pindah pekerjaan, karena sering sekali membangkang, tidak menaati aturan, berkonflik dengan atasan dan lain-lain. Dia juga sering menganggap orang yang tidak dia kenal adalah orang yang berbahaya untuk dia, hal ini membuat dia akan sulit ramah terhadap orang yang dia belum kenal.

Nah, Anak Trax! Kalau sekarang kamu lagi deket sama orang yang punya ciri-ciri di atas, lebih baik kamu hati-hati ya! Semoga berguna.