Tips pintar manfaatkan uang THR!

Tips pintar manfaatkan uang THR!

438
Radio Anak Muda_THR

Nggak terasa sebentar lagi udah mau lebaran nih. Yang udah pasti identik sama lebaran pasti kalian semua udah tau kan, THR! Alias Tunjangan Hari Raya.

Dalam PerMenNaKer No 6 Tahun 2016, disebutkan bahwa THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Tapi ada juga lho perusahaan yang udah mulai membagikan THR-nya 2 minggu, bahkan sebulan sebelum Hari Raya.

Pastinya, setelah THR cair, kita bakal punya dana kurang lebih dua kali lipat dibandingkan biasanya. Apalagi diskon-diskon menjelang Hari Raya yang bikin gemes untuk brlanja, walaupun itu bukan sesuatu yang kita perlukan. Hal seperti ini biasanya disebut juga impulsive buying. Ujung-ujungnya, kita sendiri bingung THR-nya habis untuk beli apa aja.

Supaya THR nggak habis gitu aja, kita punya beberapa tips untuk mengalokasikan THR kamu. Yuk kita lihat!

  1. Naiknya harga kebutuhan pokok

Di bulan Ramadhan, biasanya kebutuhan kita akan sesuatu juga meningkat. Meningkatnya kebutuhan membuat harga-harga pokok juga akan meningkat. Jadi, jangan lupa buat sisihin sebagian uang THR kalian untuk nambahin uang belanja ya!

  1. Zakat

Bagi kamu yang beragama Muslim, jangan lupa untuk sisihkan sedikit penghasilan kamu untuk membayar Zakat ya! Karena zakat itu wajib hukumnya.

  1. Jangan lupa bayar utang!

Minjem uang temen, kasbon di kantin, sampai cicilan kartu kredit, jangan lupa sisihkan uang untuk membayar hutang-hutang kamu.

  1. Mudik Lebaran

Pas banget dapet THR, manfaatin uang dan waktu kamu untuk berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman. Selain refreshing, nggak ada salahnya menjaga tali silahturahmi dong, Anak Trax!

  1. THR masih lebih, Alhamdulillah!

Serius? Masih lebih uang THR-nya? Kamu bisa memenuhi wishlist selama setahun ini. Nggak salah dong, setelah kamu bekerja setahun, saatnya manjakan diri kamu dengan membeli barang-barang keinginan kamu.

Eitss! Jangan dihabisin semua yaa! Sisihkan uang kamu untuk ditabung. Hitung-hitung untuk simpanan urgent atau tabungan hari tua kamu.

Itu dia 5 tips dari kita untuk menghabiskan uang THR. Semoga bermanfaat ya, Anak Trax!

[teks Adhi Satria, Anak Trax dari Universitas Indonesia | foto kintakun-collection.co.id]

Jangan kelewatan berita-berita terkini lainnya seputar dunia film, musik, dan entertainment! Streaming terus Trax FM di sini!

Baca juga:
PesanTrax Kilat: Tips berolahraga dari Dhika
Lihat nih kolaborasi panas Justin Bieber & model seksi
Marvel rilis trailer resmi superhero baru Black Panther